Lompat ke isi utama
x

Pembimbingan Penyusunan Restruktur Kurikulum Pascasarjana Universitas Syiah Kuala

Selasa (20/04), Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) melakukan Pendampingan Penyusunan Kurikulum 2021-2024 pada Program Pascasarjana Universitas Syiah Kuala. Dalam kegiatan ini LP3M menhadirkan 2 (dua) orang narasumber yaitu Dr. Sofia, S.Si, M.Sc sebagai Ketua Pusat Pengembangan Standar Mutu Pendidikan dan Kurikulum dan Dr. drh. Rinidar, M.Kes sebagai Ketua Pusat Audit Mutu Internal Terintegrasi. Materi yang disampaikan berdasarkan panduan kurikulum Universitas Syiah Kuala tahun 2020 yang sudah disesuaikan dengan perkembangan revolusi industri 4.0 dan persiapan menghadapi revolusi industri 5.0.  

Kegiatan ini berlangsung di Ruang Seminar Gedung A Pascasarjana Universitas Syiah Kuala dan langsung dibuka oleh Direktur Pascasarjana, Prof. Dr. Ir. Darusman, M.Sc dan dihadiri oleh seluruh Ketua Prodi  Doktor dan Magister yang berada di Pascasarjana.

Dalam pertemuan ini dijabarkan tentang penyusunan capaian pembelajaran lulusan (CPL). CPL -PRODI adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran. Acuan KKNI untuk rumusan pengetahuan Program Pascasarjana program doktor adalah mampu memecahkan permasalah sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter, multi atau transdisipliner dan untuk program magister adalah mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner. 

Sedangkan acuan KKNI untuk rumusan ketrampilan khusus program doktor yaitu mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni baru di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesional melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, original dan teruji dan untuk program magister adalah mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya yang inovatif dan teruji.

Dijelaskan juga tentang beberapa poin penting implementasi MBKMDI Universitas Syiah Kuala yang diantaranya adalah tentang kuliah antar prodi, antar PT dan magang model kurikulum kampus merdeka adalah optional (pilihan) bagi mahasiswa S1 namun pilihan itu harus disediakan oleh program studi. Untuk bidang kesehatan dan program pascasarjana boleh tidak ikut. (rn)

Tambah komentar baru

Kode bahasa komentar.

HTML terbatas

  • You can align images (data-align="center"), but also videos, blockquotes, and so on.
  • You can caption images (data-caption="Text"), but also videos, blockquotes, and so on.
  • You can use shortcode for block builder module. You can visit admin/structure/gavias_blockbuilder and get shortcode, sample [gbb name="page_home_1"].
  • You can use shortcode for block builder module. You can visit admin/structure/gavias_blockbuilder and get shortcode, sample [gbb name="page_home_1"].