Lompat ke isi utama
x
20200921

Penataran dan Lokakarya Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) Universitas Syiah Kuala Tahun 2020

Universitas Syiah Kuala melalui Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) kembali melaksanakan Penataran dan Lokakarya Peningkatan Keterampilan Dasra Teknik Instruksional (PEKERTI) tahun 2020. Ada yang berbeda pada kegiatan PEKERTI kali ini dari tahun-tahun sebelumnya, karena saat ini kita berada dalam masa pandemi yang mengharuskan untuk jaga jarak, maka kegiatan PEKERTI tahun 2020 dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting.

 

Kegiatan PEKERTI ini adalah kegiatan tahunan Unsyiah, merupakan program pelatihan yang diperuntukkan kepada dosen muda dalam rangka peningkatan keterampilan kompetensi profesional dosen. Dalam kegiatan ini, peserta diarahkan bagaimana menjadi seorang dosen yang berperilaku, berkarakter dan berwawasan sebagai pendidik, juga bagaimana melakukan pembinaan karakter terhadap anak didiknya.

 

PEKERTI sangat penting bagi seorang dosen karena di dalam PEKERTI ini dibahas terkait dengan ilmu pendidikan yaitu cara mendidik. Seorang dosen berprofesi sebagai seorang pendidik yang bertugas untuk mendidik. Namun perlu diketahui, mengajar dan mendidik adalah dua hal yang berbeda. Jika mengajar merupakan tugas yang dilaksanakan seorang dosen terhadap mahasiswa di dalam kelas, dimana jika sudah dilaksanakan maka tugas sudah selesai, namun mendidik adalah hal yang sangat berbeda. Dalam mendidik, proses yang sangat penting yaitu bagaimana mempunyai sikap pendidik dan bagaimana berperilaku pendidik, inilah yang seharusnya menjadi perhatian kita bersama, karena masih banyak tingkah laku dosen yang tidak mencerminkan sebagai seorang pendidik. Maka dengan adanya PEKERTI ini diharapkan dosen lebih menyadari jika tugasnya adalah seorang pendidik yaitu bukan hanya saja mengajar tapi juga mendidik.

 

Acara dibuka oleh Ketua LP3M, Prof. Dr. Adlim, M.Si. Dalam sambutannya beliau berharap Bapak Ibu peserta PEKERTI dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan melaksanakan semua tugas yang akan diberikan oleh para pemateri dalam kegiatan PEKERTI ini.

 

Hadir pula dalam kegiatan ini Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Marwan. Dalam sambutannya beliau berharap Bapak Ibu peserta PEKERTI dapat mengikuti kegiatan PEKERTI ini hingga selesai dan bisa menghasilkan luaran yang diharapkan sehingga memudahkan tugas seorang dosen dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi khususnya pendidikan.

 

Kegiatan PEKERTI ini diisi oleh pemateri-pemateri dari lingkungan Unsyiah yaitu dosen-dosen senior yang ahli di bidangnya, Prof. Dr. Ir. Marwan (FT/WRI), Prof. Dr. Mustanir, M.Sc (FMIPA), Prof. Dr. Adlim, M.Sc (FKIP/LP3M), Dr. Ir. Suhendrayatna, M.Eng (FT/LP3M), Prof. Dr. Rahmah Johar, M.Pd (FKIP), Dr. Dra Sulastri, M.Si (FKIP), Dra. Nurulwati, M.Pd (FKIP), Dr. M. Hasan, M.Si (FKIP), Dr. Cut Morina Zubainur, M.Pd (FKIP), Dra. Asiah MD, MP (FKIP/LP3M), dan Rahmaddiansyah, S.Si, M.Sc (FP/LP3M). Kegiatan yang dinaungi oleh Pusat Pengembangan Pembelajaran LP3M ini akan berlangsung selama seminggu kedepan dari tanggal 21 s/d 26 September 2020 dan diikuti oleh sebanyak 38 dosen di lingkungan Unsyiah. (kh)

Tambah komentar baru

Kode bahasa komentar.

HTML terbatas

  • You can align images (data-align="center"), but also videos, blockquotes, and so on.
  • You can caption images (data-caption="Text"), but also videos, blockquotes, and so on.
  • You can use shortcode for block builder module. You can visit admin/structure/gavias_blockbuilder and get shortcode, sample [gbb name="page_home_1"].
  • You can use shortcode for block builder module. You can visit admin/structure/gavias_blockbuilder and get shortcode, sample [gbb name="page_home_1"].