UNSYIAH LP3M 001

Universitas Syiah Kuala

  • 2016.06.16.JPG
  • 2016.06.20.JPG
  • 2016.08.10.JPG
  • 2016.08.23.JPG
  • 2016.08.29.JPG
  • 2016.09.20.1.JPG
  • 2016.09.20.2.JPG
  • 2016.10.19.JPG
  • 2016.10.25.JPG
  • 2016.10.27.JPG
  • 2016.10.28.JPG
  • 2016.11.10.JPG
  • 2016.11.14.JPG
  • 2016.11.17.JPG
  • 2017.01.03.JPG
  • 2017.04.03.jpg
  • 2017.04.27.jpg
  • 2017.05.04.JPG
  • 2017.05.18.JPG
  • 2017.05.19.JPG

PUDIK Hadiri Workshop Pemutakhiran Kurikulum Prodi S2 Bahasa Inggris Unsyiah

20171030

Pusat Pengembangan Pendidikan (PUDIK) menghadiri acara Workshop Pemutakhiran Kurikulum Program Studi S2 Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Syiah Kuala. Acara ini dilaksanakan di Ruang Teleconference Lt. 2 FKIP Unsyiah pada Senin (30-31/10/2017).

Pada sesi pembukaan, Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. M. Hasan, M.Si menyampaikan bahwa acara workshop pemutakhiran ini sangat penting untuk keseragaman pemahaman dalam mengimplementasikan RPS di dalam proses pengajaran di kelas. “Yang terpenting diketahui oleh para dosen adalah bagaimana cara mengimplementasikan semua bahan ajar sesuai dengan apa yang telah disusun di dalam RPS untuk 16 kali pertemuan. Dalam penyusunan RPS ini, perlu dipersiapkan bahan ajar yang mudah ditemukan oleh mahasiswa. Dengan demikian hasil dari proses pengajaran ini akan baik karena memang proses telah dilaksanakan dengan baik”, ujarnya.

Nara sumber pada acara ini, Prof. Dr. Gunadi Harry Sulistyo, MA, dari Universitas Negeri Malang, menyampaikan bahwa proses penyusunan kurikulum mesti berdasarkan peraturan pemerintah. “Dalam  pengembangan kurikulum program studi perlu mengacu pada beberapa aturan seperti UU Dikti 12 Tahun 2012, Pemendikti Nomor 44 Tahun 2015 tentang SNPT dan Perpres Nomor 8 Tahun 2012 tentang KKNI. Namun demikian program studi dapat melakukan improvisasi untuk kedalaman kurikulum sesuai dengan visi dan misi program studi.”

Prof. Dr. Gunadi lebih lanjut menyampaikan bahwa dalam menyusun RPS ini perlu mengacu pada delapan standar kompetensi. “Semua dosen perlu menyesuaikan RPS nya dengan delapan standar kompetensi yang dapat dijumpai di Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jadi tidak boleh mengarang sendiri”, ujarnya.

Ketua Prodi S2, Dr. Asnawi Muslim, M.Ed, menyatakan bahwa workshop ini dilaksanakan untuk memberi pemahaman yang sama kepada staf pengajar di Prodi S2 Bahasa Inggris tentang penyusunan RPS dan Bahan Ajar yang dirangkum dalam sebuah kurikulum. “Prodi S2 telah memiliki kurikulumnya sendiri yang didalamnya meliputi RPS dan Bahan Ajar. Workshop ini dilaksanakan untuk memutakhirkan kurikulum yang telah disusun oleh tim Prodi S2.”

Anggota PUDIK, Dr. Iskandar Abdul Samad, MA, yang juga dosen FKIP Bahasa Inggris pada program studi S2 menyatakan, “Baiknya pendidikan di Unsyiah tidak terlepas dari baiknya sistem proses yang diimplementasi pada tiap program studi yang ada di lingkungannya. Kurikulum sifatnya tidak tetap dan selalu berubah-ubah. Perubahan ini terjadi tidak lain karena menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan visi dan misi program studi, fakultas dan universitas.”

Lebih lanjut, Iskandar mengapresiasi pelaksanaan acara workshop pemutakhiran ini. “Workshop ini sangat bermanfaat untuk diikuti oleh semua peserta. Saya mendapatkan banyak informasi tentang penyusunan pengembangan kurikulum. Sehingga dalam mengajar mata kuliah Curriculum Development pada semester ini saya dapat memberikan informasi terkini kepada mahasiswa S2 saya tentang pengembangan kurikulum”,Jelasnya.

Hadir pada acara ini Ketua Jurusan FKIP Bahasa Inggris, Dr. Burhanuddin Yasin, M.Ed, Ketua Pusat Bahasa, Prof. Usman Kasim, M.Ed, para dosen senior, Dr. Bustami Usman, M.Pd, Dr. Sofyan A. Gani, M.A, Dr. Bukhari Daud, M.Ed, Saiful, MA dan Dra. Rosnani, M.Pd, juga sejumlah dosen dan satgas kurikulum Prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris. (bill)