UNSYIAH LP3M 001

Universitas Syiah Kuala

Notice

Folder doesn't exist or doesn't contain any images

LP3M Unsyiah Raih ISO 9001:2015

20171123

Selasa, 15 November 2017, LP3M Unsyiah menjalani proses Certification Audit untuk ISO 9001:2015 oleh TUV Rheinland Indonesia, yaitu lembaga yang berkompeten di bidang jasa layanan sertifikasi sistem manajemen dan merupakan bagian dari TUV Rheinland Group yang berpusat di Jerman, dibawah lisensi Komite Akreditasi Nasional RI. Certification Audit ini dilakukan oleh 2 orang auditor yaitu Abdul Manan Aruli dan M. Dahlan Nasution. Audit ini merupakan Audit Sertifikasi Tahap 2 dalam rangka meraih ISO 9001:2015.

International Organization for Standardization, atau dikenal sebagai ISO, adalah salah satu standar internasional dalam sebuah sistem manajemen untuk pengukuran mutu organisasi. ISO yang dilakukan LP3M adalah ISO 9001:2015 yaitu suatu standar internasional untuk sertifikasi sistem manajemen mutu yang mengarahkan dan mengendalikan suatu organisasi yang berhubungan dengan mutu.

Menurut standar ini, sebuah organisasi harus dapat menunjukkan kemampuan pemenuhan kepuasan pelanggan dalam hal fungsi produk, kualitas dan kinerja. Sehingga dapat dikatakan bahwa suatu organisasi yang telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2015, berarti telah memenuhi standar internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu produk/jasa yang dihasilkannya.

Dalam Certification Audit tersebut, kedua auditor memeriksa kesesuaian proses dengan klausul ISO 9001:2015 terkait pelayanan di bidang pengembangan pendidikan dan penjaminan mutu. Pemeriksaan dilakukan terhadap Pusat dan Subbagian di LP3M yaitu Pusat Pengembangan Sistem Manajemen Mutu, Pusat Audit dan Pembinaan Akreditasi, Pusat Informasi dan Evaluasi, Pusat Pengembangan Pendidikan, Pusat Pengembangan Pembelajaran, Subbagian Umum, dan Subbagian Publikasi dan Informasi.

Hasil dari keputusan auditor Certification Audit ISO 9001:2015 maka dinyatakan LP3M Unsyiah telah tersertifikasi tanpa temuan berat. Dengan perolehan ini, LP3M Unsyiah akan terus berkomitmen untuk memperkuat sistem pelayanan LP3M baik internal maupun eksternal sehingga dengan begitu LP3M akan terus menerus dievaluasi untuk mencapai pelayanan terbaiknya. Melalui sertifikasi ISO 9001:2015 ini, semoga LP3M bisa menjadi penopang dan pendukung untuk mempertahankan akreditasi A yang telah diperoleh Unsyiah. (kh)