UNSYIAH LP3M 001

Universitas Syiah Kuala

Notice

Folder doesn't exist or doesn't contain any images

Ini Paparan Program Unggulan PUDIK pada Raker LP3M Unsyiah

 20171202 01

Pusat Pengembangan Pendidikan (PUDIK) memaparkan program unggulannya pada acara Rapat Kerja (Raker) LP3M Unsyiah. Raker yang diadakan di Hotel Kyriad Muraya ini mendiskusikan berbagai program unggulan tahun 2018 dan 2019 dari setiap pusat kerja dan unit kerja di di lingkungan LP3M. Acara ini dilaksanakan pada Sabtu, 2 Desember 2017.

Acara Raker ini dibuka oleh Ketua LP3M, Prof. Dr. Ir. Marwan. Dalam sambutannya, Prof. Marwan mengapresiasi kinerja seluruh ketua dan anggota pusat dan unit kerja di lingkungan LP3M. Meskipun saat ini semua sedang sibuk dengan pekerjaan Tridarma Perguruan Tinggi, namun tetap semangat dalam menyukseskan program Unsyiah. “Saya sangat mengapresiasi usaha kita bersama, meskipun sibuk dengan kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi, dimana kita harus melaksanakan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Namun  kita tetap dapat menyisakan waktu untuk menyukseskan program Universitas Syiah Kuala,” ucap Prof. Marwan.

Pada sesi lain, Ketua PUDIK, Dr. Sofia, S.Si, M.Si menyampaikan bahwa ada enam program yang telah dilaksanakan pada tahun 2017. “Kami telah melaksanakan enam program unggulan PUDIK tahun 2017. Keenam program ini adalah Workshop RPS, Review Usulan Prodi Baru, Review Dokumen Panduan Kurikulum, Evaluasi Internal UP3BI & MKU, FGD Formulasi Penilaian Sikap Mahasiswa dan juga Penyusunan Renstra Ditnaga,” papar Sofia.

Lebih lanjut, Dr. Sofia memaparkan indikator kinerja kegiatan program tahun 2017 di hadapan Ketua dan Sekretaris LP3M dan peserta yang hadir.  “Dari keenam program unggulan PUDIK, dapat kami laporkan hasil kinerja kegiatan program tahun 2017. Pertama peserta workshop RPS masih membutuhkan waktu dan coaching dalam membuat RPS untuk merampungkan RPS nya. Lima program lainnya, borang usulan prodi baru telah terbit dari Kemenristekdikti, Buku Panduan Kurikulum telah tercetak, teridentifikasinya masalah utama program UP3BI & MKU, tersusunnya nilai-nilai karakter mahasiswa Unsyiah, dan juga tersedianya analisis SDM Unsyiah.” ujarnya.

Anggota PUDIK, dr. Nurwahyuniati, M.Imun, memaparkan tujuh rencana implimentasi program unggulan PUDIK tahun 2018. “Ada tujuh program unggulan PUDIK tahun 2018 yang akan kami implimentasikan mulai Februari nanti. Ketujuh progam ini adalah evaluasi internal pembukaan prodi baru, FGD evaluasi pelaksanaan pemberian SKPI Unsyiah, training pengembangan karakter mahasiswa, tindak lanjut evaluasi internal program UP3BI dan MKU, penyusunan pedoman karakter mahasiswa Unsyiah, Review kurikulum KKNI dan publikasi ilmiah di tingkat regional. Ketujuh program ini direncanakan dapat diselesaikan pada Agustus 2018”, tutupnya.

Ketua Raker yang juga anggota PUDIK, Dr. Iskandar Abdul Samad, MA, memaparkan usulan program unggulan di tahun 2019 di hadapan peserta Raker.  “Kami dari tim PUDIK mengusulkan lima program unggulan untuk tahun 2019 yaitu evaluasi internal pembukaan prodi baru, publikasi ilmiah ditingkat regional, policy study sebagai upaya peningkatan prestasi IPTEKS mahasiswa, evaluasi implementasi pedoman pengembagan karakter, dan FGD analisis awal gambaran nilai karakter dosen dan tendik,” demikian uraian Iskandar.

Dua moderator acara, Dr.Mulia Saputra, M.Si.Ak dan Rina Suryani Oktari, S.Kep, M.Si, membuat acara Raker semakin menarik. Pembicaraan hangat pun terjadi saat sesi tanya jawab antara presenter perwakilan pusat kerja dengan peserta yang hadir.

Acara ini dihadiri oleh Wakil Rektor I, Dr. Hizir dan seluruh staf LP3M. Terlihat pada acara ini Ketua LP3M, Prof. Dr. Ir. Marwan, Sekretaris LP3M, Dr. Syahrun Nur, S.Si, M.Si, Ketua Pusat PSMM, Dr. Aman Yaman, M.Agric.Sc, Ketua Pusat PUDIK, Dr. Sofia, S.Si, M.Sc, Ketua Pusat PIJAR, Dra. Asiah, MD., M.P dan kepala subbagian di lingkungan LP3M. (boy)