UNSYIAH LP3M 001

Universitas Syiah Kuala

Notice

Folder doesn't exist or doesn't contain any images

Unsyiah Mendapat Penghargaan Apresiasi Program Asuh PT Unggul 2017 dari Kemenristekdikti

20171208

Pada tanggal 5 Desember 2017, bertempat di Hotel Grand Sahid Jaya DKI Jakarta, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah memilih 5 Perguruan Tinggi dalam katagori  PT Asuh Unggul untuk mendapatkan Penghargaan Apresiasi Program Asuh PT Unggul  dari Kemenristekdikti tahun 2017. Kelima Perguruan Tinggi tersebut  dipilih dari 23 PTN yang ditunjuk Kemenristekdikti menjadi pelaksana Hibah PT Asuh tahun 2017. Universitas Syiah Kuala bersama Universitas Atmadjaya, Universitas Brawijaya, Univeritas Islam Indonesia dan Universitas Mercu Buana dinilai telah memberikan kontribusi yang besar melalui program PT Asuh untuk mendukung peningkatkan mutu perguruan tinggi swasta asuhan (PTS Asuhan) melalui penguatan implementasi  Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) berkelanjutan dan penguatan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPME) dalam kaitannya dengan peningkatan nilai akreditasi institusi dan prodi yang dibina Unsyiah.

Terpilihnya Unsyiah untuk mendapatkan Penghargaan Apresiasi Program Asuh PT Unggul  dari Kemenristekdikti tahun 2017  tidak terlepas dari model SPMI yang telah diterapkan dan dikembangkan Unsyiah selama ini, sejak masa BJM (Badan Penjaminan Mutu) dari tahun 2006-2015 sampai ke masa LP3M (2015-sekarang) dengan konsep dasar menjalankan SPMI secara terstruktur dan berkelanjutan dengan penguatan 4 pilar utama, yaitu : (1) komitmen pimpinan, (2) penguatan organisasi dan SDM mutu dari tingkat PT, Fakultas dampai Prodi, (3) Penguatan Kebijakan dan Standar Mutu, (4) Penguatan Program Mutu dan Pendanaan Mutu. Model ini telah mengantar Unsyiah menjadi PT ketiga yang berhasil meraih Akreditasi Institusi A, menjadi model implementasi SPMI/SPME PTN/PTS dan mampu meningkatkan Akreditasi prodi A mencapai 50% (khusus untuk prodi S1).

20171208 1

Dalam keikutsertaan membina PTS dan PTN terkait pengembangan mutu, Unsyiah terus mengembangkan model tersebut menjadi komponen implementasi SPMI yang mengacu pada konsep PPEPP (Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, Peningkatan) dan diperkuat dengan konsep manajemen resiko dalam penguatan tatakelola program studi di setiap fakultas. Terkait dengan Program PT Asuhan tahun 2017, Unsyiah melibatkan Universitas Jabal Gafhur dan Universitas Serambi Mekkah dengan 30  program studi yang dibina. Dalam menjalankan Program Asuh PT Unggul maka Universitas Syiah Kuala melalui LP3M telah meluncurkan strategi  penguatan 7 komponen utama SPMI,  meliputi; (1) penguatan komitmen pimpinan, (2) penguatan organisasai mutu, (3) penguatan ketersediaan dokumen mutu, (4) penguatan pelaksaan kegiatan mutu di level fakultas dan prodi, (5) pelaksanaan SWOT dan evaluasi diri berkesinambungan dan (6) pelaksanaan sistem monev dan audit yang terukur dan periodik, serta (7) dukungan terhadap sumber daya mutu di lingkungan perguruan tinggi. Hal ini berdasarkan evaluasi sebelumnya ternyata  tujuh komponen implementasi inilah yang menjadi kelemahan PT Asuhan dan prodi-prodi yang ada, sehingga dijadikan sebagai komponen strategi pendekatan PT Pengasuh (Unsyiah) dalam menjalankan program Hibah Asuh Perguruan Tinggi dan Program Studi tahun 2017.

20171208 2

Hasil dari kegiatan ini sangat terasa dan signifikan pada kedua PT asuhan dan program studinya baik di Universitas Jabal Gafhur maupun Universitas Serambi Mekkah setelah 3 bulan didampingan oleh Tim PT Asuh Universitas Syiah Kuala, adalah:

  1. Komitmen dan peran Pihak Pemilik (Yayasan,) dan Pengelola (Rektorat) dalam peningkatan mutu, implementasi SPMI dan akreditasi B semakin kuat;
  2. Eksistensi organisasi mutu  ditingkat PTS, Fakultas dan Prodi semakin didukung;
  3. Program SPMI dan peningkatan mutu PTS Asuhan semakin terarah dan berkelanjutan;
  4. PTS Asuhan tsemakin mandiri dalam menjalankan SPMI dan SPME;
  5. Telah tersedia dokumen mutu yang  mengacu pada SNPT;
  6. Telah berjalan siklus AIMA secara mandiri dan tersedia auditor AIMA yang tersertifikasi (Unigha =9 org dan USM=6 org);
  7. Kedua PTS Asuhan sudah berhasil meraih Akreditasi Prodi B selama masa pendampingan PT Asuh (Unigha =  5 prodi, USM = 2 prodi) dan akan bertambah terus (penghargaan PS upload SAPTO Pertama PTS/PTN);
  8. PT Asuhan telah memiliki program mutu berkelanjutan berbasis SNPT dan Standar Akreditasi menuju budaya mutu.

Diharapkan melalui program ini, Unsyiah kedepan akan semakin dipercaya oleh Kemenristekdikti sebagai PT Asuh Unggul bagi seluruh PTS uang membutuhkan arahan dan bimbingan dalam peningkatan mutu berkelanjutan. (may)