UNSYIAH LP3M 001

Universitas Syiah Kuala

Notice

Folder doesn't exist or doesn't contain any images

FGD dan Sosialisasi Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) PENYUSUNAN RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) GENAP 2017/2018

20180125

Ketua Pusat Pengembangan Pendidikan LP3M Unsyiah, Dr. Sofia, M.Sc, menjadi pemateri pada kegiatan Focus Group Discussion Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang dilaksanakan oleh Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsyiah. FGD yang digelar pada Rabu (24/01/2018) ini bertempat di Ruang Rapat Jurusan Akuntansi, hadir pada FGD tersebut sebanyak 36 orang dosen yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Jurusan, Dr. Fazli Syam Bz, M.Si, Ak,CA.

Seperti yang telah diketahui, Universitas Syiah Kuala telah melaksanakan Kurikulum KKNI dari tahun 2016, dan Jurusan Akuntansi telah konsisten dengan hal tersebut. Upaya-upaya perbaikan metode dan teknik pengajaran telah dan terus dilakukan termasuk mempersiapkan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) untuk seluruh mata kuliah. Adapun pada kegiatan ini, Jurusan Akuntansi ingin lebih mendalami metode dan teknik dalam penyusunan RPS.

Dr. Sofia, M.Sc, dalam materi presentasinya yang berjudul “Teknik dan Tata Cara Penyusunan RPS” menyampaikan tentang pentingnya RPS dalam proses pembelajaran sebagai salah satu upaya untuk menjaga dan meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. “RPS ini menjadi acuan rumusan tujuan dan pokok isi mata kuliah serta metode pembelajaran untuk mencapai kompetensi yang diharapkan”, jelasnya. Secara lebih rinci, Dr Sofia menjelaskan bahwa penyusunan capaian pembelajaran mata kuliah disusun secara SMART yaitu Spesific, Measurable, Achievable, Realistic dan Time Bound.

Ketua Jurusan Akuntansi, Dr. Nadirsyah, M.Si, Ak, CA berharap kegiatan FGD ini bisa memberi arah bagi dosen untuk menyadari bahwa RPS menjadi suatu keharusan bagi prodi. Beliau juga menghimbau kepada dosen untuk menyerahkan RPS yang telah diselesaikan kepada prodi.

 

WORKSHOP OPTIMALISASI RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER

20180130

Di kesempatan yang lain, Fakultas Keperawatan Unsyiah menggelar Workshop Optimalisasi Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang bertempat di Aula Fakultas Keperawatan pada Selasa (30/01/2018). Pada workshop ini, FKEP Unsyiah menghadirkan Dr. Sofia, M.Sc, Ketua Pusat Pengembangan Pembelajaran LP3M Unsyiah, dan Dr. M. Hasan, M.Si, Reviewer RPS LP3M Unsyiah.

Ketua panitia kegiatan, Ns. Arfiza Ridwan MNS, dalam sambutannya berharap seluruh dosen bisa mengikuti kegiatan ini dan mampu mengetahui dan memahami Rencana Pembelajaran Semester (RPS). Adapun tujuan dari kegiatan ini yaitu agar para dosen bisa menyusun RPS dengan baik dan sesuai dengan standar Unsyiah dan KKNI, karena RPS dibutuhkan di semua jenjang pendidikan yaitu sarjana, profesi dan magister. Pada kegiatan ini, RPS yang telah disusun bisa sama-sama diperbaiki sehingga bisa menjadi bahan perkulihan yang akan datang.

Pada sesi narasumber, Dr. Sofia, M.Si menyampaikan materi berjudul “Sosialisasi Penyusunan RPS Sesuai dengan SN DIKTI”, dan Dr. M. Hasan, M.Si menyampaikan materi berjudul “Sinkronisasi RPS pada System Blok dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pembelajar”. Kegiatan sosialisasi RPS dlanjutkan dengan diskusi penyusunan RPS per kelompok dan berakhir dengan presentasi kelompok kerja, seluruh hasil kerja diskusi kelompok didokumentasikan oleh panitia.