UNSYIAH LP3M 001

Universitas Syiah Kuala

Notice

Folder doesn't exist or doesn't contain any images

Inovasi e-Learning Tingkatkan Mutu Pembelajaran di Era Digital

20180306

Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unsyiah bekerjasama dengan UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT TIK) Unsyiah menggelar kegiatan “Workshop Pembuatan e-Learning”. Workshop dengan tema Inovasi e-Learning Tingkatkan Mutu Pembelajaran di Era Digital ini bertempat di Ruang Main Lab Gedung ICT Center Unsyiah pada 6 s/d 7 Maret 2018.

E-Learning merupakan salah satu pendekatan tersistem yang dilakukan oleh dosen pengajar dalam proses belajar mengajar. Penggunakan e-Learning sendiri adalah salah satu media dalam pembelajaran aktif yang merupakan penerapan kurikulum KKNI dalam pembelajaran.

“Kurikulum KKNI sudah mulai dilaksanakan oleh Unsyiah sejak 2 tahun yang lalu, dan saat ini Unsyiah sedang berproses untuk meningkatkan penerapan kurikulum KKNI. Melalui kegiatan ini, Unsyiah melalui LP3M mencoba untuk meningkatkan penggunakan e-learning sebagai inovasi dalam pembelajaran di era digital”, ungkap Ketua LP3M, Prof Dr Ir Marwan, dalam pembukaan kegiatan, selasa (06/03/2018).

“Selain itu, saat ini LP3M Unsyiah juga sedang membuka kesempatan kepada dosen di lingkungan Unsyiah untuk mengajukan Proposal Hibah e-Learning Unsyiah Tahun 2018. Dan rencananya Hibah e-Learning ini akan dilaksanakan setiap semester”, tambahnya.

Kegiatan yang dikoordinasikan oleh Pusat Pengembangan Pembelajaran  LP3M ini dihadiri sebanyak 35 peserta yang merupakan dosen-dosen dari fakultas di lingkungan Unsyiah. Adapun tujuan dari kegiatan workshop ini diharapkan agar dapat memberikan motivasi bagi dosen untuk mengoptimalkan pemanfaatan e-learning dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran, sehingga dosen dapat memberikan perkuliahan yang inovatif berbasis e-learning.

Dalam sambutannya, Prof Dr Ir Marwan berharap semua peserta yang hadir pada workshop ini bisa memaksimalkan kesempatan belajar pembuatan e-learning ini dan nantinya akan menghasilkan 35 modul e-learning.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini diisi dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Dr Taufik Fuadi Abidin M.Tech, Kepala UPT TIK dan Razief Perucha Fauzie Afidh M.Sc. Selain itu peserta juga langsung berlatih bagaimana cara pembuatan e-learning. Materi-materi yang disampaikan sekaligus praktik pembuatan e-learning yang dilakukan peserta yaitu terkait pengembangan konten e-learning Unsyiah untuk pembelajaran, strategi penyampaian dan evaluasi pembelajaran berbasis e-learning, strategi pemanfaatan beragam fitur e-learning dalam mewujudkan pembelajaran yang inovatif, dan penyusunan bahan/materi pembelajaran berbasis e-learning yang inovatif. Di akhir kegiatan, peserta diminta untuk mempresentasikan e-learning yang telah dibuat. (kh)

[Dokumentasi Kegiatan]