UNSYIAH LP3M 001

Universitas Syiah Kuala

Notice

Folder doesn't exist or doesn't contain any images

Dua Puluh Sembilan (29) Perguruan Tinggi Siap Berbagi Menumbuhkan Budaya Mutu

20180406

Yogyakarta, 6 April 2018

Indonesia merupakan negara besar dengan jumlah perguruan tinggi terbanyak di dunia. Kondisi Pendidikan tinggi di Indonesia tercermin dari jumlah Perguruan Tinggi (PT) yang telah mencapai 4616 PT. Jumlah ini masih berpeluang terus berkembang karena adanya usulan-usalan pembukaan PT baru dari perbagai penjuru tanah air. Jumlah perguruan tinggi yang sangat besar inilah merupakan tantangan utama Kemenristekdikti khususnya di Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan dalam menjaga mutu PT sehingga tidak terjadi disparitas kualiatas antar PT.

Dalam rangka meningkatan mutu pendidikan tinggi untuk menumbuhkan budaya mutu, melalui penerapan sistem penjaminan mutu internal , Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Penjaminan Mutu Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan membuka kesempatan bagi Perguruan Tinggi unggul (ter-akreditasi A) untuk membina PT yang yang masih terakreditasi C melalui “Program Asuh PT Unggul”.

Sebanyak dua puluh Sembilan (29) PT dipilih sebagai penerima Hibah tahun 2018 yang hari ini para pimpinan perguruan tinggi akan menandatangi kontrak perjanjinan. Kegiatan Sosialisasi dan Penandatanganan Kontrak Penerima Program PT Asuh tahun 2018 bertempat di Hotel Eastparc, Yogyakarta tanggal 6-7 April 2018. “Program Asuh PT Unggul” diselenggarakan untuk memfasilitasi perguruan tinggi unggul (A) untuk mengasuh (membimbing) perguruan tinggi lain yang mutunya masih perlu ditingkatkan.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Direktur Penjaminan Mutu, Prof. Dr. Aris Junaidi, dalam sambutannya bpk Direktur menekankan pentingnya program ini, karena PT Unggul dapat melakukan pembinaan dan sharing best practice kepada PT yang masih berkembang sehingga bisa terdorong untuk menjadi unggul. Selanjutnya praktek baik dalam menerapkan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) melalui proses PPEPP (Penetapan Standar, Pelaksanaan standar, Evaluasi standar, Pengendalian Standar, dan Peningkatan standar) dapat dilaksanakan dengan baik , sehingga tercapai prinsip Kaizen atau terjadi Peningkatan Kulaitas yang berkelanjutan (Continuous Quality Improvement).

Dua puluh Sembilan (29) PT pemenang (pengasuh) tersebut yaitu: Universitas Islam Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Syiah Kuala, Universitas Kristen Petra, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Universitas Negeri Semarang, Universitas Mercu Buana, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Gunadarma, Universitas Katolik Soegijapranata, Universitas Lampung, Universitas Sriwijaya, Politeknik Negeri Bandung, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Universitas Sebelas Maret, Politeknik Negeri Semarang, Universitas Hasanuddin, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Udayana, Universitas Jember, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Padang, Universitas Mulawarman, Universitas Telkom, dan Universitas Airlangga.

Lampiran :

20180406 Siaran Pers PT Asuh

Sumber :

http://belmawa.ristekdikti.go.id/2018/04/06/pers-release-dua-puluh-sembilan-29-perguruan-tinggi-siap-berbagi-menumbuhkan-budaya-mutu/