Logo Unsyiah

LEMBAGA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DAN PENJAMINAN MUTU

UNIVERSITAS SYIAH KUALA

Notice

Folder doesn't exist or doesn't contain any images

Workshop Penulisan Buku Ajar Tahun 2018

20180424

Sebanyak 40 dosen Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mengikuti Workshop Penulisan Buku Ajar di Ruang Sidang LPPM Unsyiah. Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Universitas Gadjah Mada, Prof. Dr. Saifuddin Azwar, MA (Guru Besar Fakultas Psikologi), dan dari Universitas Syiah Kuala, Prof. Dr. Adlim, M.Sc (Guru Besar Fakultas Kelautan dan Perikanan).

Workshop Penulisan Buku Ajar ini dilaksanakan selama dua hari, 23 s/d 24 April 2018, dan merupakan salah satu rangkaian kegiatan LP3M yang berada dibawah koordinasi Pusat Pengembangan Pembelajaran LP3M. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan dosen/staf pengajar dalam menulis buku ajar yang berkualitas, diharapkan kegiatan ini menghasilkan 40 draft buku ajar nantinya.

Ketua LP3M, Prof. Dr. Ir. Marwan, dalam sambutannya menyampaikan bahwa pelaksanaan penulisan buku ajar ini merupakan salah satu upaya mempersiapkan dosen Unsyiah untuk mengikuti Hibah Penulisan Buku Ajar di tingkat nasional yang dilaksanakan oleh DIKTI.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor I, Dr. Hizir. Dalam pembukaannya, beliau berharap penulisan buku ajar ini bisa bersinergi dengan revolusi 4.0, dimana pekerjaan sekarang semuanya berhubungan dengan teknologi dan informasi. Seperti program yang dibuat oleh DIKTI diantaranya yaitu SISTER dan SINTA.

Saat ini, dosen yang telah menulis buku ajar di lingkungan Unsyiah jumlahnya relatif sedikit. Hal ini disebabkan sebagian dosen belum memahami tata cara penulisan bahan ajar yang tepat. Untuk dapat menyusun buku ajar yang baik, seorang dosen harus memiliki berbagai referensi yang relevan, terkini dan terpercaya. Oleh karena itu untuk menghasilkan buku yang berkualitas dosen perlu mengetahui teknik penulisan dan pengorganisasian bahan ajar yang baik.

Di hari pertama kegiatan, Prof. Saifuddin menyampaikan bagaimana cara untuk memulai menulis dan langkah-langkahnya. Sedangkan di hari kedua kegiatan, Prof. Adlim menyampaikan tentang pemanfaatan teknologi informasi dalam menulis buku ajar.

Setelah workshop penulisan buku ajar ini berakhir, diharapkan peserta kegiatan dapat menyusun buku ajar dengan format yang sesuai untuk pendidikan tinggi, selain itu peserta juga dapat menghasilkan buku ajar sehingga proses pembelajaran akan berjalan semakin baik. (kh)