UNSYIAH LP3M 001

Universitas Syiah Kuala

Notice

Folder doesn't exist or doesn't contain any images

Pelatihan Penulisan Buku Ajar

20161019 00

Sebanyak 40 orang dosen Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mengikuti Pelatihan Penulisan Buku Ajar di Ruang Seminar UPT Perpustakaan Unsyiah, Rabu (19/10). Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Unsyiah langsung, yaitu Prof. Dr. Adlim, M.Sc (Guru Besar Fakultas Kelautan dan Perikanan) dan Prof. Dr. M. Ali Sarong, M.Si (Guru Besar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan).

Wakil Rektor IV Unsyiah, Dr. Nazamuddin, SE, MA, dalam sambutannya menyampaikan, Buku Ajar yang dihasilkan Unsyiah saat ini masih kurang, padahal buku ajar bisa dibuat berdasarkan hasil riset, sehingga selalu ada peluang dalam menulis buku ajar berdasarkan metode yang berbeda-beda. “Sebagai akademisi, harapnya dosen-dosen terpilih yang hadir pada kegiatan ini bisa  berdiskusi dengan baik tentang penulisan buku ajar dan dapat menghasilkan buku ajar yang bernilai guna. Apalagi pelatihan ini dibimbing langsung oleh narasumber lokal dari Unsyiah.”

Adapun pelaksanaan kegiatan ini dilakukan oleh Pusat Pengembangan Pembelajaran LP3M Unsyiah dalam rangka menggali potensi dan memotivasi dosen dalam menulis buku ajar dengan tema “Tingkatkan Inovasi Dosen Melalui Penulisan Buku Ajar”.

"Dengan terlaksananya kegiatan ini, harapnya semua dosen yang berhadir bisa mengikuti kegiatan sharing bersama ini hingga selesai. Dan semoga buku ajar yang dihasilkan bisa meningkatkan kualitas pembelajaran di Universitas Syiah Kuala", ujar Dr. Ir. Marwan mengakhiri sambutannya.

Pelatihan yang berlangsung dari pagi hingga sore ini dibagi menjadi 2 sesi. Pada sesi pertama, Prof. Dr. Adlim, M.Sc mengisi diskusi dengan 3 materi yaitu: 1. Strategi Penulisan Buku Ajar Berbasis Kajian Teoritis dan Hasil Penelitian, 2. Mengembangkan Ide Buku dan Membangun Daya Tarik Buku,dan 3. Mekanisme Penyusunan, Anamtomi dan Struktur Buku Ajar.

Selanjutnya di sesi kedua, diskusi dipimpin oleh Prof. Dr. M. Ali Sarong, M.Si juga dengan 3 materi yaitu: 1. Bahasa Akademik dalam Buku Ajar dan Notasi Ilmiah Buku Ajar, 2. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Penulisan Buku Ajar dan Komponen Kelayakan Isi Buku, dan 3. Pengelolaan Naskah, Penerbitan dan Bagaimana Berinteraksi dengan Penerbit.

Kegiatan ini diakhiri dengan Praktik Penulisan dan Peer Review oleh semua peserta pelatihan dan rencana tindak lanjutnya.(kh)