UNSYIAH LP3M 001

Universitas Syiah Kuala

  • iso-lp3m.JPG
  • lokarya.JPG
  • pekerti.JPG
  • tot-pbl-aktif.JPG

Workshop SIMJAMU

20161025 00

Pusat Sistem Informasi dan Evaluasi dibawah Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Syiah Kuala menggelar Workshop Penyusunan dan Sosialisasi Sistem Informasi Manajemen Penjaminan Mutu (SIMJAMU) yang bertempat di Ruang Seminar UPT Perpustakaan. Workshop yang digelar ini menghadirkan narasumber dari Universitas Gunadarma, Dr. Rer. Nat. I Made Wiryana, S.Si, S.Kom, M.App.Sc.

Workshop yang digelar pada Selasa (25/10) ini mengundang 45 orang yang terdiri dari Kepala UPT, Kepala Biro, Ketua SJMF dan Wakil Dekan I di lingkungan Unsyiah. Tujuan dari workshop ini adalah untuk membangun sistem informasi penjaminan mutu terkait manajemen penjaminan mutu di Unversitas Syiah Kuala (Unsyiah). “Dengan keberadaan sistem informasi ini kedepan nanti maka akan meningkatkan akses data informasi yang dibutuhkan, karena kendala yang dihadapi sivitas akademik di Unsyiah saat ini yaitu kesulitan mendapatkan data”, ungkap Dr. Ir Marwan dalam sambutannya.

“Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan saat ini memang tidak mudah, apalagi data yang terkait program studi, baik itu pelayanan terhadap mahasiswa, sivitas akademik maupun alumni. Sehingga diharapkan dengan adanya sistem informasi manajemen penjaminan mutu ini nantinya bisa menyediakan semua data itu.”, terang Dr. Hizir.

Razief Perucha, S.Si, M.Sc selaku ketua panitia kegiatan ini, menjelaskan bahwa para undangan yang hadir disini adalah orang-orang penting yang berhubungan dengan data informasi yaitu data akademik, data mahasiswa, data pegawai, data keuangan, data penelitian, dan sebagainya. “Dimana data-data tersebut bisa terintegrasi dengan baik dan aplikasi yang dirancang bisa mengakomodir kebutuhan kita”, ungkapnya.

Selain narasumber utama, kegiatan ini juga menghadirkan pemateri dari lingkungan Unsyiah diantaranya, Dr. Syahrun Nur, M.Si (Sekretaris LP3M), dan Dr. Taufik Fuadi Abidin, S.Si, M.Tech (Kepala UPT TIK Unsyiah). Dr. Syahrun menyampaikan bahwa permasalahan yang dihadapi Unsyiah saat ini yaitu data yang tidak terintegrasi, data tidak diperbaharui secara kontinu, dan tidak adanya pengelola data yang konsisten. Sedangkan Dr. Taufik menyampaikan tentang Supplier Data Mutu yang sudah tersedia saat ini diantaranya adalah Siakad, SipKD, FSD, dan data-data yang tersedia di web Unsyiah.

Narasumber workshop, I Made Wiryana, menjelaskan bahwa sistem manajemen merupakan bagian yang terpenting dalam sistem informasi. Dalam penyusunan sistem informasi, intinya adalah teknologi mengikuti organisasi yaitu kebutuhan apa yang diperlukan oleh sebuah organisasi atau unit kerja. "Melalui workshop ini, kita coba geluti sistem informasi seperti apa yang diinginkan sehingga akan memudahkan proses manajemen pembentukannya nanti dan memudahkan sistem integrasi data dari data-data yang sudah tersedia sebelumnya", ujarnya.

Kegiatan Workshop SIMJAMU yang berlangsung selama 6 jam ini diakhiri dengan diskusi antara narasumber dan para undangan. (kh)