UNSYIAH LP3M 001

Universitas Syiah Kuala

Notice

Folder doesn't exist or doesn't contain any images

Tiga Inspirator Unsyiah Raih QA Award

20161114 00

Tiga inspirator mutu Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) berhasil meraih penghargaan QA Award dalam acara Forum Insipirator Mutu. Kegiatan yang diselenggarakan Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unsyiah tersebut berlangsung di ruang Flamboyan Gedung AAC Dayan Dawood, Senin (14/11).

Ketiga inspirator mutu ini berasal dari kalangan dosen, mahasiswa dan tenaga pendidikan. Mereka adalah DR dr Endang Mutiawati Rahayuningsih SpS (Dosen Fakultas Kedokteran), Erna Safriana (Mahasiswa Program Studi Akuntasi Internasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis), dan Charlis Siana Rosita SSos (Tenaga Pendidikan di UPT Perpustakan Unsyiah). Penghargaan QA Award tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Rektor I Unsyiah, Dr Hizir.

Dr Ir M Aman Yaman MAgricSc selaku ketua panitia pelaksana menjelaskan, bahwa proses seleksi ini dikuti oleh 10 orang dosen, 8 orang tenaga pendidik, dan 13 orang mahasiswa. “Ketiga inspirator mutu ini kemudian terpilih melalui proses seleksi yang ketat. Karena mereka harus melewati 2 tahapan seleksi, yaitu seleksi dokumen dan interview,” ujar Aman Yaman.

Aman Yaman juga menjelaskan, bahwa ketiga orang ini juga memiliki prestasi yang nyata dalam dunia pendidikan, sehingga layaknya mendapatkan penghargaan sebagai inspirator mutu. Seperti Endang Mutiawati Rahayuningsih, yang berperan aktif mengantarkan Fakultas Kedokteran Unsyiah meraih akreditasi A. Melalui ide kreatifnya pula, FK Unsyiah akhirnya berhasil mencapai target  CBT dan OSCE hingga ke tingkat nasional.

Lalu Erna Safrina yang berhasil meraih Hak Paten Pasta Asam Sunti. Ia juga pernah menjadi peserta pertukaran mahasiswa ke Jepang tahun 2014 melalui program Jenesys dan Kroasia tahun 2015 melalui program Erasmus Mundus. Sementara  Charlis Siana Rosita, berhasil meraih Certified Librarian. Ia juga menjadi penggerak kelas literasi informasi di Unsyiah.“Mereka yang terpilih ini juga tidak terkait dengan jabatan. Mereka berbuat karena kesadarannya sendiri. Jadi mereka ini sudah memenuhi standar untuk menjadi isnpirator mutu,” ujar Aman Yaman.

Ketua LP3M Unsyiah Dr.Ir. Marwan dalam sambutannya berharap, melalui Forum Inspirator Mutu ini budaya mutu di Unsyiah bisa meningkat. Selain itu, Marwan juga mengusulkan agar kegiatan positif ini bisa terus berlanjut pada tahun depan, dan mendapatkan dukungan materi yang lebih baik lagi dari Rektor. “Kita berharap tahun depan dukungan materinya bisa lebih menjanjikan lagi, karena prestasi mereka ini memang layak kita apresiasi,” ujar Marwan.

Sementara itu Dr. Hizir mengatakan, saat ini kalau kita ingin dilihat orang maka kita harus berprestasi dahulu. Hal inilah yang terjadi dengan Unsyiah ketika sukses meraih akreditasi A sehingga menjadi pusat perhatian orang. Begitu pula ketika Perpustakaan Unsyiah berhasil meraih sertifikasi ISO.

“Jadi kami sangat bangga dengan apa yang dihasilkan tiga inspirator mutu ini. Semoga prestasi mereka bisa menginspirasi kita untuk berbuat yang terbaik di manapun kita berada,” ujarnya.

Selain menerima penghargaan, ketiga inspirator mutu ini juga melakukan presentasi di hadapan forum. Turut hadir dalam acara ini Wakil Rektor IV Unsyiah Dr. Nazamuddin, MA, Dekan FK Unsyiah dr.Maimun Syukri, Sp.PD(K), Dekan FKIP Unsyiah Dr.Ir. Jufri.M.Si, dan Kepala UPT Perpustakan Unsyiah Dr.Taufik A. Gani S. Kom, M.Eng.Sc. (humas)