UNSYIAH LP3M 001

Universitas Syiah Kuala

Notice

Folder doesn't exist or doesn't contain any images

Universitas Maranatha Bandung Belajar Akreditasi ke Unsyiah

 

20161128

Tim Universitas Kristen Maranatha Bandung melakukan studi banding ke Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) untuk mempelajari strategi Unsyiah meraih akreditasi A. Tim tersebut disambut oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Unsyiah, Dr Hizir, dan Kepala Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unsyiah,  Dr Ir Marwan, di ruang rapat lantai 3 Gedung Pusat Administrasi Unsyiah, Senin (28/11).

Di hadapan tim Universitas Kristen Maranatha, Dr Hizir menjelaskan bahwa ada tiga kata kunci yang menjadi keunggulan Unsyiah sehingga berhasil meraih akreditasi A, yaitu keihklasan, kejujuran, dan kebersamaan. “Tiga kunci ini dijalankan mulai dari penyusunan borang akreditasi sampai selesai. Kita bekerja secara bersama dan  sungguh-sungguh untuk Unsyiah,” ucap Dr Hizir. Menurutnya, meskipun Unsyiah belum memiliki bangunan fisik yang mewah, namun Unsyiah tetap berhasil meraih akreditasi A. Selain itu, Unsyiah juga memiliki SDM yang baik,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor I Universitas Kristen Maranatha, Olga Catherina Pattipawaej PhD mengatakan, ada beberapa hal yang ingin dipelajari Maranatha di Unsyiah. “Kami ingin mempelajari strategi implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di Unsyiah,” sebutnya. Disebutkan, ada beberapa poin lain yang ingin dipelajari, antara lain ingin mengetahui upaya Unsyiah dalam meningkatkan akreditasi dari C ke A. Lalu mempelajari cara Unsyiah melakukan integralisasi terhadap pendokumentasian yang berupa digitalisasi antara satu unit kerja dengan unit kerja lainnya.

“Selain itu, kami juga ingin mengenal lebih dekat Perpustakaan Unsyiah yang membangun kepercayaan dengan mahasiswa. Misalnya, membolehkan mahasiswa membawa tasnya ke dalam perpustakaan,” jelas Olga. Ia menambahkan, intinya Maranatha ingin belajar banyak terkait strategi akreditasi dari Unsyiah.

Usai diskusi, tim Maranatha mengunjungi UPT Perpustakaan Unsyiah dan UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Turut hadir dalam tim Maranatha, Yenni Merlin Djajalaksana PhD (Wakil Rektor V), Saron Kurniawati Yefta MT (Direktur Layanan  Teknologi Informasi), Dr Ariesa Pandawangi MSn (Kepala Badan Perencanaan, Pemantauan, dan Jaminan Mutu), serta Dr Bram Hadianto dan Andreas Widjaja, S.Si (Bidang Pemantauan Mutu Badan Perencanaan, Pemantauan, dan Jaminan Mutu). Sementara dari Unsyiah hadir Tim Akreditasi Unsyiah Perguruan Tinggi (AIPT) dan Kepala UPT TIK Unsyiah, Dr Taufik Fuadi Abidin SSi MTech. (humas)