UNSYIAH LP3M 001

Universitas Syiah Kuala

  • iso-lp3m.JPG
  • lokarya.JPG
  • pekerti.JPG
  • tot-pbl-aktif.JPG

Audit Internal Mutu Akademik (AIMA) Siklus VIII Tahun 2016

Upaya untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi terus menerus dilakukan. Salah satu upaya untuk itu adalah mengembangkan Penjaminan Mutu (Quality Assurance) di perguruan tinggi dan aktivitas penjaminan mutu akademik perguruan tinggi, antara lain dilakukannya Audit Internal Mutu Akademik (AIMA) di setiap unit kerja akademik. Aktivitas ini dilakukan atas permintaan Rektor yang dilaksanakan oleh Audit Internal Universitas Syiah Kuala yang bersertifikat, sehingga audit internal mutu akademik sesuai standar audit internal mutu akademik Universitas Syiah Kuala. Dan AIMA tersebut dilakukan oleh Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unsyiah.

Audit Internal Mutu Akademik (AIMA) adalah audit penjaminan dan konsultasi yang independen dan objektif terhadap kegiatan operasional akademik atau proses akademik. Audit Internal Mutu Akademik (AIMA) juga disebut sebagai Evaluasi Kolega Eksternal yaitu kegiatan untuk memastikan kesesuaian antara keberadaan Sistem Penjaminan Mutu Akademik (SPMA) dengan pelaksanaannya oleh unit pelaksana akademik. Audit Internal Mutu Akademik Universitas Syiah Kuala (AIMA-Unsyiah) secara umum membantu seluruh satuan pendidikan akademik dalam melaksanakan tugas untuk mencapai sasaran akademik yang ditetapkan secara efektif dan bertanggung-jawab. Audit Internal Mutu Akademik (AIMA) memiliki dua fungsi yaitu:

  • Fungsi akuntabilitas yang dilakukan dalam kegiatan penjaminan;
  • Fungsi peningkatan yang dilakukan dalam kegiatan konsultasi.

Pada tahun 2016, Audit Internal Mutu Akademik (AIMA) memasuki Siklus VIII, dan di tahun ini pelaksanaan AIMA berbeda dengan AIMA siklus-siklus sebelumnya. Pada AIMA Siklus VIII, dilaksanakan pengisian dokumen secara online, kemudian dilakukan desk evaluasi untuk menilai kelayakan dokumen kemudian diikuti dengan visitasi. Ruang lingkup AIMA pada Siklus VIII adalah pada unit pelayanan akademik Program Studi berdasarkan Dokumen Standar BAN-PTSetiap Auditee akan diaudit berdasarkan standar akreditasi prodi tersebut, untuk Prodi berakreditasi A standar 5 dan 7; berakreditasi B standar 4, dan7;berakreditasi C dan yang Belum Terakreditasi Standar 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan7.

Pelaksanaan AIMA dimulai dari 01 November – 30 November yaitu:

  • Pengisian Data oleh Prodi : 01 s/d 16 November 2016
    • Setiap Auditee (Program Studi) dibawah koordinasi SJMF/PPs mengisi AIMA Online dan mengunggah semua dokumen pada alamat www.aima.unsyiah.ac.id;
  • Desk Evaluation : 01 s/d 16 November 2016
    • Program Studi yang telah mengunggah dokumen dinyatakan sebagai Auditee dan akan dilakukan Desk Evaluation (DE);
  • Visitasi : 18 s/d 30 November 2016
    • Visitasi dilakukan oleh Tim Auditor AIMA untuk menilai ketersediaan dan kelengkapan dokumen.

Sejauh ini, visitasi dilakukan terhadap Prodi-Prodi yang berakreditasi C dan beberapa Prodi berakreditasi B yang akan reakreditasi dalam waktu dekat. Prodi-prodi yang divisitasi diaudit oleh 34 Auditor yang mengaudit 48 Prodi. Daftar prodi-prodi yang divisitasi dapat dilihat disini.

Kegiatan AIMA diakhiri dengan melengkapi Laporan Audit yang berisi hasil pelaksanaan audit secara lengkap. Audit dinyatakan selesai dan lengkap jika Laporan Audit telah diserahkan kepada SJMF dan diteruskan ke Pusat Audit dan Pembinaan Akreditasi LP3M.