Lompat ke isi utama
x
20220830

Bimbingan Teknis Penyusunan Visi dan Misi Program Studi Administrasi Publik Universitas Malikussaleh

Visi merupakan suatu rangkaian kata yang di dalamnya terdapat gambaran tentang masa depan suatu lembaga atau organisasi yang diyakini akan terjadi menurut pandangan internal dan external stakeholders. Dengan kata lain, visi menjadi tujuan masa depan suatu organisasi atau lembaga yang berisikan pikiran-pikiran yang terdapat di dalam benak para pendiri. Pikiran-pikiran tersebut adalah gambaran dari masa depan dari lembaga atau organisasi yang ingin dicapai. Adanya visi ini dipengaruhi oleh suatu pandangan bahwa untuk mencapai suatu kesuksesan, sebuah lembaga atau organisasi ga harus memiliki arah yang jelas. Bagi Program Studi, rumusan visi harus menunjukkan ke arah mana Program Studi tersebut akan dibawa, dan seperti apa Program Studi tersebut bila telah sampai di tempat tujuan. Dalam upaya merumuskan visi Program Studi Administrasi Publik Universitas Malikussaleh (Unimal), Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Unimal bekerjasama dengan LP3M USK secara terstruktur melakukan bimbingan teknis tentang penyusunan visi dan misi Program Studi Administrasi Publik FISIP Unimal yang dilakukan pada tanggal 30 Agustus 2022, Tujuan kegiatan adalah untuk membekali dan mendampingi staf pengajar dalam merumuskan visi dan misi Prodi. Kegiatan yang berlangsung di Ruang Rapat Dekanad FISIP Kampus Bukit Indah Unimal ini merupakan kegiatan lanjutan dari program Bimbingan Teknis (Bimtek) yang melibatkan staf LP3M USK, yakni Prof. Dr. Ir. Suhendrayatna, M.Eng. Dalam arahan pembukaannya, Dekan FISIP Unimal Dr. M. Nazaruddin, SS., M.Si mengingatkan kepada seluruh peserta agar dapat merumuskan visi Prodi selaras dengan visi Unimal dan FISIP serta harus dapat menjabarkan makna dari Potensi Lokal yang dimiliki oleh Unimal. Program Bimtek ini difokuskan kepada pembekalan dan arahan tentang dasar perumusan visi-misi, mekanisme perumusan, pengusulan persetujuan pimpinan, sosialisasi, dan perekatannya dengan dokumen Renstra dan Master Plan Prodi. Prof. Suhendrayatna juga mengingatkan kepada pimpinan Fakultas dan Prodi agar semua runutan kegiatan perumusan visi misi ini didokumentasikan dalam bentuk laporan agar memudahkan Task Force dalam mempersiapkan dokumen pengusulan akreditasi Prodi. Kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh FISIP Unimal dengan tahapan pelaksanaan bimbingan teknis, meliputi:

  1. Tim LP3M mempelajari dan membedah visi misi Unimal dan FISIP;
  2. Tim LP3M melakukan pemetaan keyword visi Unimal yaitu unggul, internasional, dan kearifan lokal;
  3. Tim LP3M mengarahkan mekanisme penyusunan dan perumusan yang dilakukan melalui workshop penyusunan visi misi; dan
  4. Tim LP3M melakukan pendampingan akhir dalam perumusan visi misi.

 

Dr. Nur Hafni, S.Sos., MPA selaku Ketua Jurusan Administrasi, di sela-sela kegiatan bimbingan teknis tersebut mengingatkan kepada seluruh dosen Prodi Administrasi Publik bahwa rumusan visi Prodi Administrasi yang terbaik sangat dibutuhkan agar Prodi ini dapat meningkatkan kualitasnya. Oleh karenanya, pimpinan FISIP dan Jurusan Unimal sangat mengapresiasikan kerja keras yang selama ini dilakukan. Lebih lanjut Dr. Nur Hafni menambahkan bahwa bimbingan yang diberikan oleh staf LP3M USK sangat membantu pihaknya dan hasil kegiatan ini akan ditindaklanjuti kembali dalam upaya memfinalisasi rumusan visi Prodi Administrasi Publik. Semoga kerjasama ini terus berlanjut untuk kegiatan lainnya dalam upaya peningkatan mutu di FISIP Unimal dan khususnya Prodi Administrasi Publik Unimal. (SHY)

Tambah komentar baru

Kode bahasa komentar.

HTML terbatas

  • You can align images (data-align="center"), but also videos, blockquotes, and so on.
  • You can caption images (data-caption="Text"), but also videos, blockquotes, and so on.
  • You can use shortcode for block builder module. You can visit admin/structure/gavias_blockbuilder and get shortcode, sample [gbb name="page_home_1"].
  • You can use shortcode for block builder module. You can visit admin/structure/gavias_blockbuilder and get shortcode, sample [gbb name="page_home_1"].